Kamis, 24 Desember 2015

Resep Donat Kentang gak Pake Ribet!

Hai cewek, masak apa hari ini??
Libur panjang guys, semua pada di rumah. Enaknya masak cemilan ya, abis ngemil langsung tidur deh. Curhat buuk?? haha

Aku lagi excited banget nih bikin dinat kentang. Baru daper resep dari kawan. Pinter betul kawan aku tu, disuruhnya aku ke rumahnya ngajakin bikin donat. Dia ngulen di depanku. Pas banget, aku termasuk tipe orang yang cepete banget nangkep ilmu bila liat langsung prakteknya, apalagi aku ditawarin ulenin, mau pake banget dooonk.

Ngulen donat emang rada ribet guys, dia butuh tenaga ekstra, lengan kuat biar gak jadi korban. haha. Tapi capek terbayarkan bila donatnya sukses besar, apalagi ada campur tangan kita di dalamnya, senang bangeet.

Nih aku bagi resepnya yaa, semoga menginspirasi !

Bahan :
1/2 kg tepung terigu
2 butir telor ayam
1/2 bks ragi instan
2sendok makan susu bubuk/100ml susu cair
100 ml air dingin (bila gak pake susu cair)
1/2sdt garam
3 sdt gula halus
3 sdt mentega
3 buah kentang/5 sdm tepung kentang siap pakai jadi tinggal dikasih air aja jadi deg kentang tumbuk

Cara membuat :
siapkan wadah. Tuang tepung terigu, ragi, gula halus, tambahkan susu bubuk (optional). Aduk rata, tambahkan susu cair (bila gak pake susu bubuk), garam, kocokan telur, mentega. kalo pake susu bubuk, tambahkan air ya, kalo susu cair cukup tanbahkan air dingin 1/3 gelas kecil aja. Aduk. tambahkan kentang. Uleni sampai kalis dan lembut. Diamkan 30 menit sambil ditutup biar gak masuk air. Setelah itu kempeskan adonan, boleh ditinju-tinju. Hehehe. Ambil secuil, kalo mau ukuran donatnya sama timbang aja, lalu bentuk pake cetakan, kalo mau gampangnya mah ditakar aja, buletin, pipihkan, diamkan kira2 5menitan. Colok tengahnya pake jempol, goreng deh sambil diputar-putar pake lidi. angkat, sajikan pake toping sesuai selera. Kalo aku sih kemaren pake gula halus, lekkeeer guys.

Selamat mencobaaaa, Mari bahagiakan orang tersayang dengan masakan kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doggie